‎ ‎ ‎ ‎‎ ‎ ‎ ‎ ‎‎ ‎ ‎ ‎ ‎‎ ‎

head1
head2
January 8, 2017

PEST CONTROL

 
pestcontrol-bali
jasapestcontrol-di-bali
pestcontrol-dibali

Sistem Pengendalian Hama (Pest Control)

Sebenarnya apakah sesungguhnya Pest Control itu? Untuk menjawab hal tersebut maka ada baiknya dimulai dari etimologinya. Pest Control berasal dari dua kata dalam bahasa inggris yaitu Pest dan Control. Pest berarti hama sedangkan Control berarti pengendalian. Jadi Pest Control berarti pengendalian hama bukan pembasmian hama atau penyucian hama.

Pemilihan kata control juga hendak menunjukan bahwa hama pada dasarnya tidak dapat dibasmi karna merupakan satu kesatuan ekosistem lingkungan hidup. Apabila satu jenis hama dibasmi habis maka akan mengganggu keseimbangan ekosistem lingkungan. Namun demikian hama tersebut dapat dikendalikan bahkan di basmi dalam ruang lingkup tertentu. Lebih jauh lagi kata control telah berkembang menjadi management untuk menekankan bahwa tindakan pengendalian hanya merupakan bagian dari serangkaian tindakan pengelolaan yang memiliki sasaran dan strategi tertentu sesuai kebutuhan manusia di satu tempat. Meskipun begitu, Pest Control masih lebih populer digunakan hingga suatu saat nanti pest management menggantikan seutuhnya.

Pest Control juga membatasi jenis hama yang dikendalikan yaitu hanya hama perkotaan (urban pest) bukan hama pertanian atau perkebunan. Hal ini penting untuk membedakan dengan crop protection (perlindungan hama khusus) seperti laba-laba, kaki seribu, kelabang, cecak, tokek, ular, kelelawar, musang, anjing, kucing dan burung).

Tindakan pengendalian yang biasanya dilakukan oleh praktisi bisnis Pest Control adalah penyemprotan (spraying), pengembunan (misting), pengasapan (fogging), pengumpanan (baiting), pemberian bubuk (dusting), serta fumigation. Tindakan pengendalian juga melibatkan penggunaan bahan kimia beracun (pestisida) sehingga hal ini menyebabkan tidak sembarang orang dapat melakukan kegiatan Pest Control. Hanya orang terlatih dan terdaftar yang dapat mengaplikasikan pestisida dengan cara dan dosis yang benar pada waktu yang tepat.

 

Kontak